Mengajarkan Anak Memotong Kuku

Semua dimulai dari rumah. Rumah adalah madrasah pertama dan utama bagi anak, dan memegang peranan penting agar anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai harapan. Dari rumah, kebiasaan-kebiasaan baik mulai diajarkan dan ditanamkan utuk anak-anak.

Salah satu kebiasaan baik yang harus ditanamkan adalah memotong kuku. Memotong kuku adalah sunnanul-fitrah yang telah Allah syariatkan kepada manusia, melalui rasulNya. Berikut akan saya sampaikan tips tentang mengajarkan memotong kuku untuk anak-anak:


Ajarkan dengan cara M-A-I-N
Metode dalam mengajarkan untuk membiasakan anak untuk memotong kukunya yang paling tepat adalah dengan cara bermain, sama halnya dengan ketika kita ingin mengenalkan hal-hal yang lain juga. Perlu kita sadari betul, belajar untuk anak usia dini caranya ya dengan bermain, dalam bermain pun sebenarnya proses belajar.

Beri Contoh
Kemudian, orang tua harus senantiasa memberi contoh. Masa mau mengajari anaknya potong kuku, orang tuanya malah memanjangkan kukunya? Ingat, anak kecil adalah peniru yang ulung. Ia akan sangat mudah meniru kebiasaan orangtuanya.

Ciptakan Suasana Menyenangkan
Mungkin ada kalanya anak merasa takut ketika akan dipotong kukunya. Untuk mengatasi hal tersebut, gunakanlah pemotong kuku yang bentuknya lucu-lucu, misalnya yang berbentuk hamster lucu seperti gambar di bawah ini. Sambil memotong kukunya, mungkin orang tua juga bisa mengembangkan daya imajinasi anak dengan mendongeng. Ceritakan bahwa ada hamster kecil yang lapar yang pengen makan kuku. Dengan demikian, aktivitas memotong kuku akan menjadi sangat menyenangkan.

Alat pemotong kuku yang lucu akan membuat aktivitas memotong kuku menjadi menyenangkan

Jelaskan Manfaatnya
Hal yang memotivasi seseorang untuk melakukan sesuatu adalah nilai manfaatnya. Oleh karenanya, orang tua harus bisa menjelaskan manfaat memotong kuku. Serta dampak buruk apabila kuku dibiarkan panjang.Misalnya dengan mengatakan kepada anak bahwa kuku yang panjang akan menjadi rumah dan tempat berkembangbiaknya kuman, bakteri dan virus yang menyebabkan sakit.


Adab Memotong Kuku
Karena memotong kuku merupakan sunnah, maka ada adab-adab (aturan) dalam melakukannya. Diantaranya adalah mengenai urutan-urutan dalam memotong kuku tangan maupun kaki.

Untuk kuku tangan dimulai dari jari tulunjuk tangan kanan. Kemudian jari tengah, manis, kelinking berikutnya baru ibu jari tangan kanan. Selanjutnya kelingking tangan kiri, manis, tengah, telunjuk dan diakhiri dengan ibu jari tangan kiri.


Sedangkan untu kuku kaki, dimulai dari kelingking kaki kanan dan seterusnya, hingga berakhir di jari kaki kiri
.


Sedangkan doa ketika memotong kuku adalah:

 بسم الله وبالله وعلى ملة  محمد وآل محمد  

Bismillah wa billah wa 'ala millati Muhammadin wa aali Muhammadin 

Sayyidina Ja'far ra. berkata: "Barang siapa memotong kuku  pada  hari Jum'at dan berdoa (seperti doa di atas-red) ketika memotongnya, maka tiada gugur yang dikerat itu melainkan dengan pahala memerdekakan seorang hamba dan tiada sakit melainkan sakit mati".